Wednesday, January 11, 2017

Membuat VM di Proxmox




A. Pengertian

Mesin virtual atau Virtual Machine dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

B. Latar Belakang

Dengan adanya VM instalasi dapat dilakukan secara virtual tanpa harus install secara langsung kedalam fisik komputernya.

C. Manfaat dan Tujuan

- Mudah digunakan
- Mudahnya instalasi

D. Jangka Waktu Pelaksanaan

Saya menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 menit

E. Alat dan Bahan

- PC/Laptop
- Proxmox

F. Tahap Pelaksanaan

1. Buka Proxmox dan log in ke proxmox
2. Upload dulu ISO nya ke Proxmox dengan cara klik icon disamping pve --> local(pve) --> content --> lalu pilih upload.



3. Klik Create VM disebelah kanan atas
4. Isikan sesuai yang diinginkan, disini saya menggunakan nama saya


6. Disini saya menggunakan Linux Debian 8.6, jadi saya memilih Linux 4.X/3.X/2.6 Kernel


7. Pada ISO Image pilih file tadi yang sudah diupload.


8. Isikan Disk Size sesuai yang diinginkan.


9. Masukan berapa cores dari Processor yang ingin digunakan.


10. Masukan jumlah RAM yang ingin digunakan untuk Proxmox minimal 1024 gb atau 1 Gb.


11. Masukan VLAN Tag yang sudah disetting di Mikrotik, jika belum bisa dibaca disini.


12. Cek apakah settingan sudah benar jika sudah klik Next


13. Yosh!!! VM sudah jadi dan siap dijalankan.


G. Kesimpulan

Virtual Machine atau VM dapat mengimplementasikan perangkat lunak layak nya menjalankan di perngkat aslinya

H. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Proxmox_Virtual_Environment


EmoticonEmoticon