Thursday, March 16, 2017

Jenis-jenis Routing Dynamic


A. Pengertian

Routing dinamis, juga disebut adaptif routing, menggambarkan kemampuan sistem, di mana rute yang ditandai dengan tujuan mereka, untuk mengubah jalan yang rute mengambil melalui sistem dalam menanggapi perubahan kondisi. Adaptasi ini dimaksudkan untuk memungkinkan banyak rute yang mungkin untuk tetap berlaku (yaitu, memiliki tujuan yang dapat dicapai) dalam menanggapi perubahan.

Orang yang menggunakan sistem transportasi dapat menampilkan routing dinamis. Sebagai contoh, jika sebuah stasiun kereta api lokal ditutup, orang bisa turun dari kereta di stasiun yang berbeda dan menggunakan metode lain, seperti bus, untuk mencapai tujuan mereka. Contoh lain dari routing dinamis dapat dilihat dalam pasar keuangan . Misalnya, asor atau Adaptive Cerdas Orde Router (yang dikembangkan oleh Quod Keuangan ), mengambil keputusan routing dinamis dan berdasarkan peristiwa pasar real-time.

B. Latar Belakang

Memahami maksud tujuan serta macam-macam routing

C. Maksud dan Tujuan

Lebih memahami routing

D. Jangka Waktu Pelaksanaan

25 menit

E. Alat dan Bahan

- PC/Laptop

F. Macam-macam Routing Dynamic

- Routing RIP

Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protokol ini menggunakan algoritma Distance-Vector Routing. Pertama kali didefinisikan dalam RFC 1058 (1988). Protokol ini telah dikembangkan beberapa kali, sehingga terciptalah RIP Versi 2 (RFC 2453). Kedua versi ini masih digunakan sampai sekarang, meskipun begitu secara teknis mereka telah dianggap usang oleh teknik-teknik yang lebih maju, seperti Open Shortest Path First (OSPF) dan protokol OSI IS-IS. RIP juga telah diadaptasi untuk digunakan dalam jaringan IPv6, yang dikenal sebagai standar RIPng (RIP Next Generation / RIP generasi berikutnya), yang diterbitkan dalam RFC 2080 (1997).

- Routing OSPF

Open Shortest Path First (OSPF) adalah routing protocol untuk Internet Protocol (IP) jaringan. Ini menggunakan link state routing yang algoritma (LSR) dan jatuh ke dalam kelompok protokol interior gerbang (IGP), yang beroperasi dalam satu Autonomous System (AS). Hal ini didefinisikan sebagai OSPF Versi 2 di RFC 2328 (1998) untuk IPv4 . Update untuk IPv6 ditetapkan sebagai OSPF Versi 3 di RFC 5340 (2008).

OSPF mungkin IGP yang paling banyak digunakan dalam jaringan perusahaan besar. Menengah Sistem untuk Sistem menengah (IS-IS), link-state protocol routing dinamis lain, lebih sering terjadi pada besar penyedia layanan jaringan.

- Routing IS-IS

Intermediate System to Intermediate System (IS-IS) adalah routing protokol yang dirancang untuk memindahkan informasi secara efisien dalam jaringan komputer , sekelompok komputer yang terhubung secara fisik atau perangkat sejenis. Ia menyelesaikan ini dengan menentukan yang terbaik rute untuk datagrams melalui jaringan packet-switched .

Protokol ini didefinisikan dalam ISO / IEC 10589: 2002 sebagai standar internasional dalam Open System Interconnection desain referensi (OSI). Meskipun awalnya standar ISO, IETF ulang protokol di RFC 1142 . RFC 1142 telah direklasifikasi sebagai "bersejarah" oleh RFC 7142 karena kembali menerbitkan sebuah rancangan ISO daripada standar ISO, menyebabkan kebingungan industri.

IS-IS telah disebut " de facto standar untuk layanan besar tulang punggung jaringan operator."

- Routing EIGRP

Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) adalah lanjutan jarak-vector routing protokol yang digunakan pada jaringan komputer untuk mengotomatisasi routing yang keputusan dan konfigurasi. Protokol ini dirancang oleh Cisco Systems sebagai protokol proprietary, hanya tersedia pada router Cisco. Fungsi parsial dari EIGRP dikonversi menjadi sebuah standar terbuka pada tahun 2013 dan diterbitkan dengan statusnya informasi sebagai RFC 7868 pada tahun 2016.

EIGRP digunakan pada router untuk berbagi rute dengan router lain dalam sama sistem otonom . Tidak seperti protokol routing lain terkenal, seperti RIP , EIGRP hanya mengirim update inkremental , mengurangi beban kerja pada router dan jumlah data yang perlu dikirimkan.

G. Kesimpulan

Routing mempunyai banyak macamnya yang dapat kita gunakan dalam jaringan

H. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Routing_Information_Protocol
https://en.wikipedia.org/wiki/Open_Shortest_Path_First
https://en.wikipedia.org/wiki/IS-IS
https://en.wikipedia.org/wiki/Enhanced_Interior_Gateway_Routing_Protocol


EmoticonEmoticon